Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Alasan Orang Desa Pindah Ke Kota Dan Cara Mengatasinya


Alasan Orang Desa Pindah Ke Kota Dan Cara Mengatasinya

Pulau jawa merupakan salah satu pulau besar di Indonesia, di samping Kalimantan, papua, Sumatra dan Sulawesi. Jawa memiliki peranan yang sangat penting bagi Negara Indonesia karena di pulau ini terdapat ibu kota Negara Indonesia yaitu Jakarta.  Laju transmigrasi dari desa-desa ke Jakarta dan beberapa kota-kota besar lainnya di Indonesia semakin tahun semakin meningkat.
Hasrat ingin pindah ke kota disesabkan oleh beberapa faktor, antara lain:
1.       Ketersediaan lapangan kerja di kota lebih banyak daripada di desa. Banyak perusahaan-perusahaan, pabrik, serta  industri  di bangun dan tersebar di perkotaan. Hal ini berbanding terbalik dengan di daerah pedesaan. Sehingga tidak sedikit yang tergiur untuk mengadu nasib di kota dibandingkan di desa walaupun  tanpa memiliki keahlian apa-apa dan hanya bermodal nekad.
2.       Pembangunan yang tidak merata. Semua hasil pertambangan dan pengolahan sumber daya hanya di alokasikan sepersekian persen untuk daerah penghasil  dari hasil yang didapatkan dan selebihnya di bawa untuk membangun infrastruktur dan  kemajuan daerah perkotaan.
3.       Ilmu yang diperoleh di bangku sekolah dan kuliah lebih bisa tersalurkan di daerah perkotaan dibandingkan di daerah pedesaan  dikarenakan materi serta teori-teori yang diajarkan di sekolah-sekolah dan bangku kuliah kurang aplikatif jika diterapkan di daerah pedesaan dan lebih mengarah untuk diterapkan di daerah industry atau perkotaan di mana perusahaan-perusahaan serta industry dan instansi penting pemerintah berada.
4.       Ketertarikan akan gaji yang besar.
5.       Kesenjangan kualitas pendidikan di perkotaan dan pedesaan, serta ketersediaan sarana dan prasarana di perkotaan lebih lengkap dari pada di desa, sebut saja antara sekolah  negeri A yang berada di kota Jakarta akan jauh berbeda dengan sekolah negeri yang berada di Desa Pedalaman.
6.       Sudah tidak memiliki tanah/kebun yang dapat dikelola karena telah dijual untuk kkebutuhan sehari-hari.
7.       Susahnya mencari lapangan pekerjaan di pedesaan
8.       Tertarik kisah-kisah sukses tetangga atau saudara yang mengadu nasib di kota

Dari beberapa factor diatas, berikut alternative pencegahan untuk mengurangi arus transmigrasi  penduduk dari desa ke kota :
1.       Pemerataan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah, yang dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
a.       Membatasi dan mempersulit pendirian  izin mendirikan pabrik, perusahaan, industry dan perkantoran di daerah perkotaan dan memberikan  kemudahan dalam pengurusan izin dalam pendirian pabrik, perusahaan, industry dan perkantoran di daerah pedesaan.
b.       Melaksanakan point a dengan mempertimbangkan  kelestarian lingkungan sekitar supaya tidak terjadi pencemaran lingkungan
2.       Memberikan stimulus atau rangsangan baik berupa sarana dan prasarana maupun dukungan pemerintah supaya para ilmuan dan para ahli pengetahuan berminat untuk mengembangkan pengetahuan serta mengaplikasikannya di daerah pedesaan sehingga daerah pedesaan menjadi maju.
3.       Sebagai warga pedesaan seyogyanya tidak menjual tanah dan kebunnya yang merupakan sebagai sumber penghidupan mereka kepada orang-orang kaya ataupun orang kota sehingga ia dapat terus tinggal di desa karena masih memiliki sumber penghasilan untuk kebutuhan sehari-hari
4.       Kesadaran dari berbagai pihak akan pentingnya memajukan daerah pedesaan supaya tidak ada kesenjangan antara daerah perkotaan dan pedesaan. Kemauan akan memajukan daerah pedesaan ini harus dilandasi dasar yang tidak mementingkan keuntungan material yang dia peroleh saja melainkan dilakukan demi tercapainya kemajuan dan kesejahteraan masyarakat pedesaan.

By rini nyiripit nuraeni ^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar