Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

JAWABAN SOAL KELOMPOK 1-11

Kelompok 1

1.      Sebutkan macam-macam siklus air menurut William Waterway Marks!

a.       Siklus air di Lautan

b.      Siklus air di atmosfer

c.       Siklus air di kosmik

2.      Sebutkan macam-macam air (bumi)!

a.       Air Tanah : Air Tanah Preatis dan Air Tanah Preatis

b.      Air Permukaan : Permukaan darat dan permukaan laut

3.      Tulis sedikitnya 2 keunikan dan keajaiban molekul air!

a.       Ketika dicoba dibacakan doa Islam, kristal bersegi enam dengan lima cabang daun muncul berkilauan.

b.      Molekul air sebelum dibacakan do’a dan ketika diputarkan musik symphony Mozart, kristal muncul berbentuk bunga.

4.      Sebutkan 3 macam siklus hidrologi!

a.       Siklus Pendek (Kecil)

b.      Siklus Sedang

c.       Siklus Panjang (Besar)

5.      Tulis sedikitnya 3 manfaat air bagi tubuh!

a.       Bermanfaat Membuat Tubuh lebih Bugar

b.      Bermanfaat Untuk Perawatan Kecantikan

c.       Bermanfaat Mencegah Penyakit Berbahaya


Kelompok 2

1.      Mengapa udara terasa panas saat sebelum hujan?

Pada saat sebelum hujan, uap air yang berupa gas berubah menjadi zat cair. Pada proses ini menghasilkan kalor yang akan dikeluarkan ke udara. Mendung berada lebih rendah dari awan yang berwarna putih, makan semakin dekat mendung ke bumi panas akan semakin tinggi pula. Suhu dapat lebih tinggi bila sebelum mendung terjadi sinar matahari yang sangat terik, karena sebagai hasil dari akumulasi pelepasan kalor oleh proses tersebut diatas dengan sisa panas yang dipancarkan bumi setelah menerima energi panas dari matahari.

2.      Apa penyebab terjadinya Hujam Asam dan apa akibatnya untuk lingkungan?

a.       Penyebab: Hal ini terjadi apabila asap di dalam udara larut di dalam butir-butir air di awan. Jika turun hujan dari awan tadi, maka air hujan yang turun bersifat asam. Deposisi asam dapat pula terjadi karena hujan turun melalui udara yang mengandung asam sehingga asam itu terlarut ke dalam air hujan dan turun ke bumi. Asam itu tercuci atau wash out. Deposisi jenis ini dapat terjadi sangat jauh dari sumber pencemaran.

Hujan secara alami bersifat asam karena Karbon Dioksida (CO2) di udara yang larut dengan air hujan memiliki bentuk sebagai asam lemah. Jenis asam dalam hujan ini sangat bermanfaat karena membantu melarutkan mineral dalam tanah yang dibutuhkan oleh tumbuhan dan binatang. Hujan pada dasarnya memiliki tingkat keasaman berkisar ph 5, apabila hujan terkontaminasi dengan karbon dioksida dan gas klorine yang bereaksi serta bercampur di atmosphere sehingga tingkat keasaman lebih rendah dari ph 5, disebut dengan hujan asam.

b.      Dampak bagi lingkungan: Terjadinya hujan asam harus diwaspadai karena dampak yang ditimbulkan bersifat global dan dapat menggangu keseimbangan ekosistem. Hujan asam memiliki dampak tidak hanya pada lingkungan biotik, namun juga pada lingkungan abiotik.

3.      Mengapa gas CO (Karbon Monoksida) bersifat beracun? Jelaskan !
      Karena CO berikatan dengan Hb menyebabkan Hb yang mengikat oksigen menjadi berkurang dan menyebabkan keracunan.

4.  Apa akibatnya untuk lingkungan jika BBM menggunakan jenis Premium dibandingkan Pertamax? Zat apakah yang menjadi gas buangan udara bermotor tersebut ?
      Zat pengotor lebih banyak daripada pertamax karena bilangan oktannya kecil. CO2, CO.

5.      Apa yang terjadi jika kandungan Oksigen yang terkandung dalam udara di Bumi lebih dari 21 %?
             Bisa menyebabkan keracunan dan kebakaran.
Oksigen merupakan support pembakaran, dengan kelebihan oksigen, maka daya pembakar menjadi lebih besar, itulah mengapa angin pembawa oksigen menjadi pembunuh nomor satu belakangan ini di kota besar. Angin pembawa oksigen tersebut lantas membuat nyala api semakin besar. Pada Konrentrasi 23 % dalam udara, situasi menjadi berbahaya terkait dengan meningkatnya bahaya kebakaran.


Kelompok 3

1.      Apa itu tanah ? Dan adakah tanah selain di bumi ? Jelaskan

2.      Buatlah alur pembentukan tanah ! Berdasarkan alur pembentukan dan unsure yang terdapat di tanah, sebutkan fungsi tanah!

3.      Sebutkan ciri-ciri dan contoh tanah yang cocok untuk pertumbuhan tanaman yang baik ? Lengkap

4.      Apakah tanah disekitar pegunungan pasti merupakan tanah subur ? Jika IYA berikan alasan, jika TIDAK berikan alasan !

5.      Tanah merupakan sesuatu yang vital dalam kehidupan. Ada pernyataan bahwa pencemaran air dan udara dapat disebabkan oleh tanah, jelaskan!

Jawaban:
 
1.      Tanah: adalah lapisan permukaan bumi yang berasal dari bebatuan yang telah mengalami serangkaian pelapukan oleh gaya-gaya alam, sehingga membentuk regolit (lapisan partikel halus). Ada
2.      Proses pembentukan tanah adalah perubahan dari bahan induk menjadi lapisan tanah. Perkembangan tanah dari bahan induk yang padat menjadi bahan induk yang agar lunak, selanjutnya berangsur-angsur menjadi tanah pada lapisan bawah (subsoil) dan lapisan tanah bagian atas (topsoil), dalam jangka waktu lama sampai ratusan tahun hingga ribuan tahun. Perubahan-perubahan dari batuan induk sampai menjadi tanah karena batuan induk mengalami proses pelapukan, yaitu proses penghancuran karena iklim.
Fungsi tanah dibagi menjadi 3, yaitu :
A.      Tanah sbg media tumbuh tanaman
a.       Tempat berpijaknya akar shg tnm tegak berdiri
b.      Sumber penyediaan unsure hara
c.       Gudang air
d.      Gudang udara utk pernafasan akar


 
5% padat organic (dr benda hidup): seresah, akiar tnm, binatang, kotoran m.h. dsb
25% cair
 
45% padat anorganik (mineral): batuan, mineral, kerikil, pasir, debu, lempung dsb.
            Tanah memp peran yg kompleks utk kehidupan tnm dan m.h.
B.      Fungsi ekonomi
a.       Salah satu sarana/faktor produksi dalam rangka hasilkan kayu/non kayu. Fungsi tanah sbg sarana produksi di kehutanan belum/tidak dapat digantikan dg bend/barang lain.
b.      Alat produksi utk hasilkan kayu. Tanah sbg alat produksi di kehutanan belum dihitung nilainya.
c.       Sumber daya alam yang sangat penting
-          Pembentukan tanah butuh waktu yg relatif lama
-          Kerusakan tanah dapat terjadi dalam tempo yg sangat singkat
-          Perbaikan kerusakan SDA tidak dapat/sangat sukar untuk diperbaiki
-          Kerusakan tanah dapat membahayakan sektor2 lain. mis: banjir, longsor, kekeringan, lahan kritis dsb.
C.      Tanah sebagai sumber daya alam
-          Usaha perkebunan kayu (timber estate) butuh sumber daya alam berupa tanah, udara, air & SM
-          Perlu pelestarian SDA tanah dari:
-  erosi
-  pencucian
-  pengangkutan hasil panen (kayu & non kayu)
-  penambangan
-         Perlu pelestarian SDA air & tanah dg:
-  pengawetan (konservasi)
-  pemanfaatan air scr efisien
-  Penanaman cover crop
-  Teras
-  Pemupukan dsb

3.                     a.  Tanah Alluvial (tanah endapan), yang terjadi akibat pengendapan batuan induk yang                mengalami proses pelarutan dan pada umumnya tanah endapan merupakan tanah yang subur. Tanah aluvial dibentuk dari lumpur sungai yang mengendap di dataran rendah yang memiliki sifat tanah yang subur (http://www.artikata.com/arti-352230-subur.html) dan cocok untuk lahan pertanian. Persebaran tanah aluvial di Indonesia banyak terdapat di Sumatera Timur, Kalimantan bagian selatan dan Jawa utara.
b.      Tanah Humus, merupakan jenis tanah yang terbentuk dari pelapukan tumbuhan-tumbuhan dan bahan organik lainnya yang telah membusuk. Tanah ini sangat subur dan cocok untuk lahan pertanian, dan baik untuk tanaman, warnanya kehitaman. Persebaran tanah ini banyak di daerah hutan di Indonesia.
c.       Tanah Vulkanik (tanah gunung api), merupakan tanah dari hasil pelapukan gunung api yang meletus. Tanah vulkanik adalah tanah yang sangat subur dan diusahakan untuk pertanian  karena kaya akan unsur hara yang diperlukan tanaman.
d.      Tanah Mediteran (tanah kapur), tanah jenis ini terbentuk dari proses pelapukan batuan kapur. Tanah yang terjadi dari bahan induk kapur dan telah mengalami laterisasi lemah. Tanah ini banyak terdapat di pegunungan kapur dan kurang baik untuk pertanian, tidak subur tapi sangat baik untuk tanaman jati. Persebaran tanah kapur terdapat di Pegunungan Jawa bagian selatan.
e.       Tanah terrarosa adalah tanah yang terbentuk dari batuan kapur . Tanah ini terdapat di dasar dolina-dolina dan merupakan tanah pertanian yang subur didaerah kapur.
4.      Tidak, karena setiap gunung memilki jenis yang berbeda baik struktur tanahnya, kandungan tanahnya, dll. Berikut contohnya :
a.       Tanah subur
·           Tanah Alluvial (tanah endapan), yang terjadi akibat pengendapan batuan induk yang mengalami proses pelarutan dan pada umumnya tanah endapan merupakan tanah yang subur. Tanah aluvial dibentuk dari lumpur sungai yang mengendap di dataran rendah yang memiliki sifat tanah yang subur (http://www.artikata.com/arti-352230-subur.html) dan cocok untuk lahan pertanian. Persebaran tanah aluvial di Indonesia banyak terdapat di Sumatera Timur, Kalimantan bagian selatan dan Jawa utara.
·          Tanah Humus, merupakan jenis tanah yang terbentuk dari pelapukan tumbuhan-tumbuhan dan bahan organik lainnya yang telah membusuk. Tanah ini sangat subur dan cocok untuk lahan pertanian, dan baik untuk tanaman, warnanya kehitaman. Persebaran tanah ini banyak di daerah hutan di Indonesia.
·          Tanah Vulkanik (tanah gunung api), merupakan tanah dari hasil pelapukan gunung api yang meletus. Tanah vulkanik adalah tanah yang sangat subur dan diusahakan untuk pertanian  karena kaya akan unsur hara yang diperlukan tanaman.
b.      Tanah tidak subur
·         Tanah Organosol (tanah gambut), merupakan jenis tanah yang berasal dari bahan organik yang selalu tergenang air (rawa). Karena kekurangan unsur hara dan peredaran udara didalamnya tidak lancar, maka proses penghancuran tanah tidak sempurna. Jenis tanah ini kurang baik untuk pertanian. Tanah gambut kurang subur untuk bercocok tanam yang merupakan hasil bentukan pelapukan tumbuhan rawa. Gambut banyak ditemukan di daerah rawa-rawa seperti Kalimantan, Papua dan Sumatera.
·         Tanah Padas adalah tanah yang amat padat karena mineral didalamnya dikeluarkan oleh air yang terdapat dilapisan tanah sebelah atasnya. Tanah ini tidak baik untuk pertanian
·         Tanah Mediteran (tanah kapur), tanah jenis ini terbentuk dari proses pelapukan batuan kapur. Tanah yang terjadi dari bahan induk kapur dan telah mengalami laterisasi lemah. Tanah ini banyak terdapat di pegunungan kapur dan kurang baik untuk pertanian, tidak subur tapi sangat baik untuk tanaman jati. Persebaran tanah kapur terdapat di Pegunungan Jawa bagian selatan
·         Dll

5.                  Sumber pencemar tanah, karena pencemaran tanah tidak jauh beda atau bisa dikatakanmempunyai hubungan erat dengan pencemaran udara dan pencemaran air, maka sumber  pencemar udara dan sumber pencemar air pada umumnya juga merupakan sumber pencemar tanah.
Sebagai contoh gas-gas oksida karbon, oksida nitrogen, oksida belerang yang menjadi bahan pencemar udara yang larut dalam air hujan dan turun ke tanah dapat menyebabkan terjadinya hujan asam sehingga menimbulkan terjadinya pencemaran pada tanah.
Air permukaan tanah yang mengandung bahan pencemar misalnya tercemari zatradioaktif, logam berat dalam limbah industri, sampah rumah tangga, limbah rumah sakit, sisa-sisa pupuk dan pestisida dari daerah pertanian, limbah deterjen, akhirnya juga dapatmenyebabkan terjadinya pencemaran pada tanah daerah tempat air permukaan ataupun tanahdaerah yang dilalui air permukaan tanah yang tercemar tersebut.
Pencemaran tanah adalah keadaan dimana bahan kimia buatan manusia masuk dan mengubah sifat fisik, kimia, dan biologi dari tanah yang tercemari.
Ketika suatu zat berbahaya/beracun telah mencemari permukaan tanah, maka ia dapat menguap, tersapu air hujan dan atau masuk ke dalam tanah. Pencemaran yang masuk ke dalamtanah kemudian terendap sebagai zat kimia beracun di tanah. Zat beracun di tanah tersebut dapat berdampak langsung kepada manusia ketika bersentuhan atau dapat mencemari air tanah dan udara di atasnya.
Pencemaran ini biasanya terjadi karena :

·         limbah industri yang langsung dibuang ke tanah dengan tidak memenuhi syarat pengolahan limbah-

·         kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial-

·         penggunaan pestisida-

·         masuknya air permukaan tanah yang tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan-

·         kecelakaan kendaraaan pengangkut minyak, zat kimia, atau limbah-

·         air limbah dari tempat penimbunan sampah


Kelompok 4

1.      Sebutkan minimal 3 manfaat hewan?

2.      Bagaimana ciri-ciri hewan yang tercemar? Jelaskan dengan contoh!

3.      Apa saja sumber-sumber pencemaran hewan?

4.      Apa saja kriteria indikator biologi pencemaran sungai?

5.      Apa yang kamu ketahui tentang kasus minamata?
Jawaban :

1.      Sebagai indicator pencemaran, untuk menjaga keseimbangan alam, dan dijadikan bahan konsumsi makhluk hidup yang lain
2.      Ciri-ciri hewan tercemar :
1.      Sakit-sakitan (mata berlendir, terlihat lemas, dll)
2.      Mati mendadak, dan populasinya berkurang
3.      Sumber-sumber pencemaran hewan meliputi:
·         Dari pencemaran air
·         Dari pencemaran tanah
·         Dari pencemaran udara
4.      Indikator biologi pencemaran sungai harus memenuhi kriteria:
      1.      Mudah diidentifikasi.
      2.      Mudah dijadikan sampel, artinya tidak perlu bantuan operator khusus, maupun peralatan yang mahal dan dapat dilakukan secara kuantitatif.
      3.      Mempunyai distribusi yang kosmopolit.
      4.      Kelimpahan suatu spesies dapat digunakan untuk menganalisa indeks diversitas.
     5.      Mempunyai arti ekonomi sebagai sumber penghasilan (seperti ikan), atau hama/organism pengganggu (contoh:beberapa Algae).
     6.      Mudah menimbun bahan pencemar
     7.      Mudah dibudidayakan di laboratorium
 8.      Mempunyai keragaman jenis yang sedikit.
5. Minamata adalah sebuah teluk dengan kota kecil di Jepang. Kota Nelayan menghadap ke laut Siranul, Jepang ini, menjadi terkenal ke seluruh dunia. Karena lebih dari 3 ribu warga kota ini pernah menderita penyakit yang diakibatkan pencemaran logam raksa atau merkuri. Limbah merkuri di Perairan Minamata berasal dari perusahaan Nippon Mitrogen Vertilaser yang merupakan cikal bakal Ciso Go LTD dengan produksi utama pupuk Urea. Akibat limbah merkuri tersebut, warga menderita penyakit dengan ciri-ciri sulit tidur, kaki dan tangan merasa dingin, gangguan penciuman, kerusakan pada otak, gagap bicara, hilangnya kesadaran, bayi-bayi yang lahir cacat hingga menyebabkan kematian. Penyakit aneh ini kemudian dikenal dunia dengan nama Penyakit Minamata. Penyakit Minamata tidak hanya menyerang manusia. Tetapi juga binatang yang mengkonsumsi bahan makanan yang tercemar merkuri atau menghirup udara yang mengandung merkuri.
Parahnya, penyakit Minamata tidak ada obatnya. Tahun 1956, kecurigaan mulai muncul setelah Direktur Rumah Sakit Ciso melaporkan ke Pusat Kesehatan Masyarakat Minamata. Atas masuknya gelombang pasien dengan gejala sama, kerusakan sistem syaraf.


Kelompok 6

1.      Bagaimana ciri-ciri makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi oleh tubuh ?

a.       Mengandung cukup zat gizi

Makanan yang sehat adalah makanan yang secara kimia mengandung zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Zat gizi yang dimaksud adalah :

1)      Karbohidrat sebagai sumber energi utama

2)      Protein sebagai komponen pembangun sel dan jaringan tubuh

3)      Lemak sebagai komponen sel dan jaringan, sebagai pelarut vitamin dan cadangan energi

4)      Vitamin sebagai komponen yang memperlancar proses metabolisme di dalam sel

5)      Mineral sebagai komponen yang turut serta membangun struktur tubuh dan ikut memperlancar proses pisiologis di dalam sel

6)      Serat untuk membantu kelancaran mekanisme pencernaan di dalam saluran pencernaan

7)      Air sebagai pelarut berbagai zat gizi yang lain

b.      Tidak mengandung zat-zat berbahaya

Suatu makanan terkadang tampak sehat atau segar jika di lihat sepintas, namun kondisi seperti itu belum menjadi jaminan jika makanan tersebut benar-benar sehat. Segar memang di perlukan untuk menjamin ketersediaan zat gizi di dalamnya, tetapi jika kesegaran yang tampak tersebut di sebabkan oleh faktor lain yang merupakan perlakuan khusus pada bahan makanan tersebut. Misalnya bahan makanan dari tumbuhan yang tampak segar karena pertumbuhannya di bantu oleh pemberian pestisida yang berlebihan. Atau bahan makanan olahan yang tampak segar karena pemberian zat-zat pengawet. Hal –hal seperti itu sesungguhnya dapat berdampak merugikan di dalam tubuh.

Pengawet, pewarna, penyedap rasa, (zat aditif) adalah beberapa zat yang banyak menimbulkan penyakit didalam tubuh.

1)      Bahan pengawet

Bahan pengawet yang di toleransi oleh BPOM dalam jumlah terbatas adalah: Benzoat, propionat, nitrit, nitrat, sorbat dan sulfit. Dan yang berbahaya adalah formalin dan boraks. Kedua pengawet terakhir ini banyak di salah guankan untuk mengawetkan makanan sehingga bisa tahan lama.

2)      Bahan pewarna

Bahan pewarna untuk memberi tampilan yang menarik pada makanan, Bahan ini ada yang di alami dan sintesis. Bahan pewarna alamai biasanya diambil dari klorofil (zat hijau daun) untuk memberi zat hijau atau karoten dari wortel untuk memberi warna orange. Pewarna sintesis diambil dari zat kimia yang di buat melalui serangkaian reaksi kimia. Misalnya: Warna kuning: tartrazin, sunset yellow, Warna merah: allura, eritrosin, amaranth, Warna biru: biru berlian.

Beberapa zat pewarna yang sesungguhnya tidak untuk makanan tetapi di gunakan mewarnai makanan tertentu. Zat tersebut merupakan pewarna tekstil seperti rodamin b.

Bahan pewarna buatan berbahaya jika di konsumsi secara terus menerus dan secara berlebihan. Pewarna non makanan berbahaya karena zat tersebut memang bukan untuk makanan dan tidak untuk di konsumsi.

3)      Zat penyedap rasa.

Penyedap rasa ada yang alami dan ada pula yang sintesis. Penyedap rasa alami seperti cuka, merica, garam, gula, dll lebih aman dan relatif tidak menimbulkan efek samping. Kecuali di konsumsi secara berlebihan.

Penyedap rasa buatan mengandung monosodium glutamat (MSG) adalah penyedap sintesis yang banyak di gunakan secara luas di berbagai jenis makanan baik fast food maupun makan yang di sajikan di dalam rumah tangga. MSG adalah zat kimia yang dapat mempengaruhi kerja saraf. Konsumsi yang terus menerus akan menyebabkan daya ingat (memori) sesorang menjadi lebih lambat.

c.       Segar

Makanan yang di konsumsi belum terlalu lama waktu berselang antara waktu di panen dengan waktu konsumsi. Hal ini untuk menjamin ketersediaan zat gizi yang terkandung di dalamnya.

Mengkonsumsi makanan yang alami yang tidak menggunakan bahan–bahan sintesis jelas jauh lebih baik dan aman bagi kesehatan tubuh. Hanya saja kebutuhan pada makanan yang cepat saji, praktis dan menarik membuat kita sulit lepas dari makan olahan yang serba mengandung zat aditif.

Memiminalkan konsumsi makanan tersebut dan cermat memperhatikan kandungan atau komposisi suatu makan merupakan hal sangat baik di lakukan.

2.      Apakah makanan herbal sudah pasti terjamin bebas dari zat kimia ? Jelaskan !

Belum tentu. Karena tidak ada zat atau bahan di dunia yang tidak terbuat dari unsur kimia. Mungkin yang dimaksud adalah “diawetkan” atau “diproses” atau “alami”, Tetapi sesungguhnya makanan herbalpun pasti diawetkan dan diproses yang menjadikan makanan tersebut tidak alami.

3.      Mengapa manusia tidak diperbolehkan untuk ketergantungan terhadap suplemen atau obat-obatan baik dalam keadaan sakit maupun tidak ?

Karena hal tersebut bukannya menjadikan tubuh sehat melainkan mengakumulasi  zat-zat kimia di dalam tubuh yang menyebabkan bertambah parahnya penyakit atau malah mendatangkan penyakit  baru.

4.      Mengapa makanan mentah dapat dijadikan obat segala macam penyakit ?

Karena makanan mentah merupakan makanan yang masih mengandung berbagai enzim kehidupan (berasal dari energi matahari melalui proses fotosintesa). Dengan banyak makan buah dan sayur segar sesungguhnya kita hanya mengurangi asupan makanan tidak baik yang lain sehingga dengan demikian racun yang masuk ke dalam tubuh kita berkurang secara berarti. Kalau racun yang masuk ke dalam tubuh sedikit, tubuh tidak akan berjuang melawan racun tetapi akan memperbaiki atau meregenerasi diri.

5.      Sebutkan zat aditif apa saja yang digunakan pada makanan beserta dampak yang diakibatkan dari penggunaan zat aditif tersebut !

Zat aditif makanan dapat dikelompokkan menjadi dua golongan, yaitu: 1. zat aditif yang berasal dari sumber alami, seperti lesitin dan asam sitrat; 2 zat aditif sintetik dari bahan kimia yang memiliki sifat serupa dengan bahan alami yang sejenis, baik susunan kimia maupun sifat atau fungsinya, seperti amil asetat dan asam askorbat. Berdasarkan fungsinya, baik alami maupun sintetik, zat aditif dapat dikelompokkan sebagai zat pewarna, pemanis, pengawet, penyedap rasa, pemutih, anti kempal, anti oksidan, pengatur keasaman, pengemulsi, pemantap dan pengental.

Bahan aditif makanan dapat digolongkan menjadi beberapa kelompok tertentu tergantung kegunaanya, diantaranya:

a.       MSG sebagai penguat rasa makanan dan juga untuk melezatkan makanan. MSG merupakan zat aditif makanan buatan, sedangkan yang alami diantaranya adalah bunga cengkeh.

b.      Tartrazin adalah pewarna makanan buatan yang mempunyai banyak macam pilihan warna, diantaranya Tartrazin CI 19140. Bahan pewarna makanan alami diantaranya adalah daun pandan.

c.       Gom Arab adalah bahan aditif alami yang gunanya untuk mengemulsi minyak dan air agar dapat bersatu.

d.      Garam alginat dan gliserin marupakan bahan adtif buatan yang digunakan untuk menstabilkan dan memekatkan suatu makanan sehinggga dapat membuat makanan bertekstur lembut dan rata

Dampak

Bahan aditif juga bisa membuat penyakit jika tidak digunakan sesuai dosis, apalagi bahan aditif buatan atau sintetis. Penyakit yang biasa timbul dalam jangka waktu lama setelah menggunakan suatu bahan aditif adalah kanker, kerusakan ginjal, dan lain-lain.

Kelompok 7

1.      Apa yang dimaksud dengan kesehatan menurut WHO dan kelompok anda?

Menurut WHO (1947) Sehat itu sendiri dapat diartikan bahwa suatu keadaan yang sempurna baik secara fisik, mental dan sosial serta tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan.

Menurut kelompok. Suatu keadaan dimana badan, pikiran dan jiwa mampu produktif atau berkerja sebagaimana fungsinya.

2.      Sebutkan 3 dampak pencemaran lingkungan terhadap kesehatan!!

a.       Pencemaran udara

Meningkatkan jumlah penderita atau memperberat penyakit-penyakit kanker paru-paru, emphysema, TBC, pneumonia, bronchitis, asma, bahkan influensa.

b.      Pencemaran air

Menyebabkan keracunan bahkan sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian apabila bahan pencemar itu tersebut menumpuk dalam jaringan tubuh manusia. Sehingga organ tubuh tidak dapat berfungsi lagi dan dapat menyebabkan kesehatan terganggu bahkan dapat sampai meninggal.

c.       Pencemaran tanah

Sakit kepala, pusing, letih, iritasi mata dan ruam kulit. Serta dapat menyebabkan kerusakan otak, serta kerusakan ginjal pada seluruh populasi.

3.      Sebutkan dan jelaskan 3 cara menjaga kesehatan di tengah maraknya pencemaran lingkungan saat ini?

a.       Menghidari pola hidup yang kurang sehat seperti merokok, minuman beralkohol, serta menkonsumsi makanan berpengawet.

b.      Olahraga secara teratur. Dengan olahraga secara teratur akan memperlancar peredaran di dalam tubuh sehingga membantu dalam proses metabolisme dan menyebabkan tubuh terasa segar karena peredaran darah yang lancar dan membawa zat yang berguna bagi tubuh.

c.       Menjaga kebersihan lingkungan. Dengan membuang sampah pada tempatnya dan membersihkan lingkungan disekitar tempat tinggal menyebabkan kemungkinan tempat sumber penyakit menjadi semakin kecil.

4.      Sebutkan 3 faktor yang mempengaruhi kesehatan!!

Lingkungan (yang utama), perilaku, pelayanan kesehatan, dan genetik

5.      Bagaimana konsep sehat ala islam?

Makan secukupnya, tidur cukup, berolahraga, bangun pagi atau subuh, puasa senin kamis, dan menjaga kebersihan.

Kelompok 8

1.      Bahaya apa saja yang timbul dari pencemaran air?

           Banyak akibat yang ditimbulkan oleh polusi air, diantaranya:
·         Terganggunya kehidupan organisme air karena berkurangnya kandungan oksigen
·         Terjadinya ledakan ganggang dan tumbuhan air
·         Pendangkalan dasar perairan
·         Tersumbatnya penyaring reservoir, dan menyebabkan perubahan ekologi
·         Dalam jangka panjang mengakibatkan kanker dan kelahiran cacat
·         Akibat penggunaan pestisida yang berlebihan selain membunuh hama dan penyakit, juga membunuh serangga dan makhluk yang berguna terutama predator
·         Kematian biota kuno, seperti plankton, ikan bahkan burung
·         Dapat mengakibatkan mutasi sel kanker dan leukemia


2.      Sebutkan penyebab terjadinya polusi air?

      Sumber polusi air antara lain sampah masyarakat, limbah industri, limbah pertanian dan limah rumah tangga yang dibuang ke aliran sungai atau lainnya


3.      Bagaimana usaha kita untuk mencegah dan mengatasi pencemaran air?

·       Menempatkan daerah industri atau pabrik jauh dari daerah pemukiman atau perumahan
·         Pembuangan limbah industri diatur sehinga tidak mencemari lingkungan atau ekosistem
·         Pengawasan terhadap penggunaan jenis- jenis pestisida dan zat – zat kimia lain yang dapat menimbulkan pencemaran
·         Memperluas gerakan penghijauan
·         Tindakan tegas terhadap perilaku pencemaran lingkungan
·    Memberikan kesadaran terhadap masyarakat tentang arti lingkungan hidup sehingga manusia lebih mencintai lingkungannya 
-     Melakukan intensifikasi pertanian


4.      Bagaimana cara kerja air dalam tubuh ?

        Air menggelontor usus besar secara efektif dengan membentuk darah segar baru yang dalam istilah kedokterannya haemotopaise. Adalah fakta yang tak terbantahkan bahwa dengan metode ini, lipatan lendir usus besar dan usus kecil diaktifkan. Akan halnya teori mengatakan bahwa darah segar diproduksi oleh lipatan lendir. JIka usus besar dibersihkan maka zat gizi dalam makanan yang masuk beberapa kali dalam sehari akan diserap. Dan dengan aksi lipatan lendir, unsur gizi itu akan berubah menjadi darah segar. Darah adalah unsur yang paling penting dalam menyembuhkan berbagai gangguan dan memulihkan kesehatan. Karena itu harus dikonsumsi secara teratur.


5.      Hal apakah yang akan teman-teman lakukan jika di dunia ini sudah jarang di temukan air bersih ?

1                 Hal-hal yang perlu dilakukan:
·         Menjaga lingkungan supaya air yang masih bersih tetap terjaga dan mengusahakan supaya air yang kurang bersih menjadi bersih sehingga dapat dikonsumsi kembali sebagaimana mestinya
·         Menciptakan lingkungan yang bersih dan memperbanyak menanam pohon supaya air hujan yang turun dari langit bisa tertahan lebih lama di tanah dan juga lebih bersih.
Kelompok 9

1.      Mengapa pencemaran udara dapat menyebabkan hujan asam?     

     Karena belerang (sulfur) yang merupakan pengotor dalam bahan bakar fosil serta nitrogen di udara yang bereaksi dengan oksigen membentuk sulfur dioksida dan nitrogen oksida. Zat-zat ini berdifusi ke atmosfer dan bereaksi dengan air untuk membentuk asam sulfat dan asam nitrat yang mudah larut sehingga jatuh bersama air hujan (hujan asam)
2.      Mebutkan hal - hal yang bisa meningkatkan kadar oksigen dalam darah?

a. Zat besi, apabila kadar zat besi dalam tubuh banyak maka akan meningkatkan    hemoglobin yang berfungsi untuk mengikat oksigen.
b.    Diet rendah lemak, makanan tinggi lemak dapat menyebabkan resistensi insulin dan sleep apnea (gangguan bernapas saat tidur).diet rendah lemak dengan memperbanyak buah-buahan dan sayuran dapat membantu meningkatkan kadar oksigen dalam darah.
c.     Buah dan sayuran, karena buah dan sayuran yang kaya kalium dan magnesium dapat membantu mengurangi keasaman (ingkungan asam dalam darah dapat menyebabkan berkurangnya kadar oksigen) dan mengobati hipoksemia. 
d. Diet rendah natrium, karena makanan rendah natrium dapat mengakibatkan meningkatnya oksigenasi ginjal melalui darah

3.      Apa penyebab dari anemia?

    Anemia terjadi karena kadar zat besi dalam tubuh rendah dan menyebabkna menurunnya tingkat hemoglobin, yaitu pembawa oksigen dalam darah.

4.      Bagaimana udara dapat mempertahankann suhu tubuh agar tetap normal?    

    Udara mempertahankan suhu tubuh agar dalam keadaan normal dengan mekanisme secara fisik. Saat udara luar mengalami peningkatan temperature maka tubuh mengeluarkan keringat. Sebaliknya bila suhu udara menjadi lebih dingin, buang air kecil maka akan semakin bertambah.

5.      Bagaimana cara hewan yang tidak memiliki kelenjar keringat membuang hasil metabolisme?

1   Bagi hewan yang tidak memiliki kelenjar keringat seperti anjing akan membuang hasil metabolism lebih banyak mempergunakan alat pernafasan sehingga frekuensi bernapas akan terjadi berpuluh kali lipat tetapi dalam keadaan normal.
Kelompok 10

1.      Sebutkan lapisan tanah yang cocok untuk lahan pertanian. Jelaskan alasanya!

Tanah yang baik untuk pertanian adalah tanah yang terletak di daerah lembah, sedang di lereng-lereng akan tampak lapisan ke 3 (tiga) atau lapisan ke 4 (empat) di pegunungan itu sendiri tanahnya sangat tipis.

2.      Sebutkan penyebab terjadinya pencemaran tanah!.

Kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial; penggunaan pestisida; masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan; kecelakaan kendaraaan pengangkut minyak, zat kimia, atau limbah; air limbah dari tempat penimbunan sampah serta limbah industri yang langsung dibuang ke tanah secara tidak memenuhi syarat (illegal dumping).

3.      Dampak pencemaran tanah terhadap kesehatan tergantung pada tipe polutan, misalnya timbal, merkuri (air raksa) dan siklodiena, sebutkan dampaknya terhadap kesehatan manusia!
Dampak pencemaran tanah terhadap kesehatan tergantung pada tipe polutan, jalur masuk ke dalam tubuh dan kerentanan populasi yang terkena. Kromium, berbagai macam pestisida dan herbisida merupakan bahan karsinogenik untuk semua populasi. Timbal sangat berbahaya pada anak-anak, karena dapat menyebabkan kerusakan otak, serta kerusakan ginjal pada seluruh populasi. Kuri (air raksa) dan siklodiena dikenal dapat menyebabkan kerusakan ginjal, beberapa bahkan tidak dapat diobati. PCB dan siklodiena terkait pada keracunan hati. Organofosfat dan karmabat dapat dapat menyebabkan ganguan pada saraf otot. Berbagai pelarut yang mengandung klorin merangsang perubahan pada hati dan ginjal serta penurunan sistem saraf pusat. Terdapat beberapa macam dampak kesehatan yang tampak seperti sakit kepala, pusing, letih, iritasi mata dan ruam kulit untuk paparan bahan kimia yang disebut di atas. Yang jelas, pada dosis yang besar, pencemaran tanah dapat menyebabkan kematian.

4.      Sebutkan lapisan-lapisan tanah beserta karakteristiknya!

a.       Lapisan tanah atas

Lapisan ini tebalnya antara 10-30 cm, warnanya coklat sampai kehitam-hitaman, lebih gembur yang biasanya disebut tanah olah atau tanah pertanian. Lapisan ini merupakan tempat pertumbuhan tanaman yang utama. Disini hidup dan berkembang biak semua jasat hidup tanah dan merupakan lapisan tanah yang tersubur. Warna hitam/coklat dan suburnya tanah disebabkan oleh bunga tanah (yaitu campuran sisa tumbuh-tumbuhan dan hewan yang telah mati dan membusuk di dalam lapisan tanah atas).

b.      Lapisan tanah bawah

Lapisan ini tebalnya antara 50-60 cm, jadi tebal daripada lapisan tanah atas. Warnanya kemerah-merahan, lebih terang atau lebih muda, dan lebih padat, maka sering disebut tanah cadas (padas) atau tanah keras.
Umumnya kandungan zat makanan tanaman sangat sedikit. Itu saja hanya terdapat pada lapisan yang berdekatan dengan lapisan tanah atas. Disini kegiatan jasat hidup berkurang, demikian juga perakaran tanaman. Kecuali tanaman yang berumur panjang (tahunan) yang mempunyai akar tunggang yang dalam.

c.       Lapisan bahan induk tanah

Di bawah lapisan tanah kedua (tanah bawah), terdapat suatu lapisan yang menyolok warnanya: kemerah-merahan atau kelabu keputih-putihan lapisan ini disebut bahan induk tanah, karena merupakan asal atau induk dari lapisan tanah bawah.

Lapisan ini dapat dipecah dan dirubah dengan mudah, tetapi sukar ditembus oleh akar. Di lereng-lereng gunung lapisan ini sering kelihatan dengan jelas, dimana lapisan diatasnya telah hilang atau hanyut oleh air hujan. Maka tanah demikian itu sukar diolah dan umumnya sangat kerdil tidak banyak mengandung zat-zat makanan.

d.      Lapisan Batuan Induk

Di bawah lapisan bahan induk tanah terdapat lapisan yang keempat, yang biasanya disebut bahan induk. Masih merupakan batuan pejal, belum mengalami proses pemecahan, inilah merupakan bahan induk tanah yang mengalami perubahan beberapa proses dengan makan waktu yang sangat lama.

Bahan ini jauh lebih dalam, maka jarang kelihatan pada permukaan tanah. Di pegunungan-pegunungan sering kelihatan, tetapi tumbuh-tumbuhan tak dapat hidup, kalau tertutup tanah sedikit saja tumbuh-tumbuhan dapat hidup, tetapi hanya rumput-rumputan saja.

5.      Jelaskan arti dari tanah dan kandungan yang ada ditanah?

Tanah adalah permukaan bumi atau lapisan bumi yang di atas sekali.

Kelompok 11

  1. Apa yang menyebabkan Paus Atlantik Utara terancam punah ?
  2. Setelah membaca artikel mengenai “Hiduplah seperti Lebah”, apakah artikel tersebut dapat menginspirasi anda ? Jika iya, keunikan apa yang terdapat pada hewan tersebut ?
  3. Bagaimana pendapat anda tentang punahnya beberapa spesies dalam artikel “Dampak Pencemaran Lingkungan” ? Dapatkah kalian menyebutkan contoh lain?
  4. Mengapa ikan paus bungkuk dapat terdampar dipinggir kolam renang? Padahal secara postur tubuh ikan paus memiliki ukuran tubuh yang paling besar?
  5. Mengapa nyamuk menjadi hewan yang paling berbahaya? 
  6.  Jawaban :
1.      Paus Atlantik Utara banyak diburu oleh para pemburu liar karena kandungan minyak yang dikandungnya sangat menguntungkan apabila dijual hal ini mengakibatkan paus semakin sedikit dan langka. Selain perburuan liar paus ini menghadapi ancaman canggihnya teknologi pemancingan dan tabrakan dengan kapal. Belum lagi perubahan habitat, perubahan iklim dan kontaminasi air laut oleh industri semakin mengancam keberadaan paus ini.
2.      Iya, banyak keunikan dari lebah dan beberapa  keunikan-keunikannya telah disebutkan  dalam artikel tersebut  namun hal yang tak kalah lebih unik dari lebah ialah bahwasannya lebah selalu bekerjasama dalam melakukan pekerjaan-pekerjaannya. Ada lebah ratu yang kerjanya hanya bertelur, ada lebah prajurit yang kerjanya hanya berjaga-jaga apabila ada musuh dan ada juga lebah yang tugasnya  hanya mengumpulkan makanan saja, mereka bekerja sesuai kemampuan dan tugasnya masing-masing.  Adalah hal yang patut kita teladani bahwasannya setiap orang punya  kelebihan dan keunikan yang berbeda satu sama lainnya dan kelebihan tersebut akan menjadi  kekuatan yang luar biasa apabila disatukan dalam sebuah jalinan kerjasama dan saling percaya antara satu sama lain.
3.      Sangat miris ketika kita mendengar ataupun melihat disekeliling kita ternyata banyak spesies-spesies yang masih dibutuhkan untuk keseimbangan llingkungan ikut punah bersama dengan semakin majunya teknologi serta berkembangnya peradaban manusia modern masa kini. Belut sawah yang berfungsi untuk menjaga kesuburan tanah sawah ikut berkurang  sehingga padi yang dipanen para petani ikut berkurang juga, berbagai penyakit  baru bermunculan mulai dari jenis A sampai Z yang semakin bervariasi dan semakin kompleks yang dikarenakan pola hidup dan udara yang semakin hari semakin  kurang bersih dan banyak lagi permasalahan-permasalahan yang disebabkan oleh pencemaran lingkungan. Kiranya butuh solusi dan dan kerjasama dari bebagai pihak untuk mengatasi masalah yang sedang menimpa kita ini dan tentunya solusi tersebut bisa direalisasikan secara maksimal  dan bukan hanya merupakan program dan rencana semata yang tidak berdampak apa-apa.
4.   Teori dari para peneliti menduga mereka mendamparkan dirinya sebab terluka atau sakit. Dalam keadaan ini mereka berenang terlalu dekat dengan pesisir untuk tujuan berlindung, namun malahan terperangkap sebab perubahan pasang ke surut. Gerombolan ikan sering kita sebut schools, untuk paus dan lumba-lumba disebut pods. Perilaku ini bagian dari karakteristik mereka sebagai makhluk yang bersosial. Terkadang, paus terdampar secara masal, sebab paus-paus yang sehat 'setia' - mereka tidak mau meninggalkan pod lain yang sedang sakit atau terluka, akhirnya ikut pula memasuki perairan dangkal.
5.  Di daerah yang memiliki suhu hangat, nyamuk selalu dikhawatirkan membawa kuman penyebab malaria. Penyakit itu mempengaruhi sebagian besar wilayah dunia, dan membuat manusia menjadi sangat lemah bahkan sakit.
 
     

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar